Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

BengkayangGawai Dayak BengkayangKalbar

Gali Terus Potensi Budaya Bengkayang

 Foto//// Peserta lomba memperoleh piala dan penghargaan dari Pemkab Bengkayang///


Bengkayang, Kalbar -Kapuaspost.web.id - alam penutupan event budaya Barape’ Sawa’ ke-IX berlangsung meriah. Para tamu undangan maupun masyarakat yang bahkan berasal dari luar Bengkayang tumpah ruah menyaksikan event tahunan yang telah berlangsung dari tanggal 25 Mei 2023 hingga 31 Mei 2023 di Komplek Rumah Adat Ramin Bantang Bengkayang.


Dalam rangkaian malam penutupan, diselenggarakan lelang barang-barang hasil kerajinan lomba-lomba yang dikompetisikan di Barape’ Sawa’ tahun ini. Seperti Basek, Perisai, Lukisan, Gasing, Ukiran Pantak Belian, Santoro, Topokng, maupun Bubu. Hasilnya terjual Perisai Juara 1 lomba Menghias Perisai dengan harga 1,2 Juta Rupiah dengan pemenang lelang yaitu Ketua DAD Bengkayang. 1 buah Perisai juga terjual Rp 1,5 Juta Rupiah yang berhasil dibeli oleh Camat Ledo. 1 buah lukisan berhasil dijual dengan harga 500 Ribu Rupiah oleh Kadis LH Perkim, Gasing terjual 350 ribu oleh Ketu Ketua DAD Bengkayang, Topokng berhasil diraih dengan harga 550 Ribu Rupiah oleh Komandan Zipur, Basek laku terjual 1 Juta Rupiah, Santoro laku terjual seharga 500 Ribu Rupiah. Untuk Ukiran Pantak berbahan belian dalam acara pelelangan cukup mencuri perhatian. Pasalnya hasil kerajinan ini cukup banyak diminati khususnya oleh pejabat maupun pimpinan daerah. Hasilnya, 2 Pantak Belian berhasil terjual seharga 2 Juta Rupiah yg dibeli oleh DPRD Bengkayang dan Ketua DAD Bengkayang, Pantak bermotif perbatasan terjual seharga 2,6 Juta Rupiah yang berhasil dibawa pulang oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bengkayang, 1 Pantak juga terjual seharga 4 Juta Rupiah oleh Ketua DAD Bengkayang, dan 1 Pantak Leluhur berhasil dibawa pulang seharga 4,5 Juta oleh Bupati Bengkayang.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Event Budaya Barape’ Sawa’ ke-IX Tahun 2023 Markus Dalon, SE., M.Si menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua stakeholder maupun sponsor yang telah mendukung dan menyukseskan acara ini.

 Ketua Panitia juga mengumumkan pemberian piagam penghargaan kepada Instansi yang telah berpartisipasi memasang Kalangkakng di tempat masing-masing. Adapun instansi tersebut yaitu SMAN 1 Bengkayang, SMAN 2 Bengkayang, SMA Borneo, SMP St. Tarsisia, dan SDS Amkur.


Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis, SE., MM dalam kesempatan menutup Event Budaya Barape’ Sawa’ Ke- IX tahun 2023 menyampaikan Event tahunan ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Kabupaten Bengkayang. 

“Acara yang telah menjadi kalender tetap Pemerintah Kabupaten Bengkayang yang dilaksanakan setiap tahunnya ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Kabupaten Bengkayang,” jelas dia.


 Sehingga dengan banyaknya kunjungan masyarakat terutama yang berasal dari luar Kabupaten Bengkayang akan berdampak positif pada perekonomian masyarakat Kabupaten Bengkayang.


 Bupati juga menyampaikan akan terus merancang program-program pembangunan yang mendukung kegiatan-kegiatan masyarakat, terutama yang berkaitan dengan event kebudayaan.


 “Kedepan kita juga akan mengkolaborasikan pola pengembangan wisata budaya dan wisata alam yang ada di Kabupaten Bengkayang.  Mengingat kita memiliki banyak sekali potensi wisata yang mempunyai prospek baik untuk dikembangkan,” pungkasnya. (cok)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad