Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

Gawai Dayak Nosu Minu Podi SanggauKalbarSanggau

Gawai Dayak Nosu Minu Podi Tahun 2023, Persiapan Panitia Mencapai 90 Persen

Sanggau,Kalbar- Kapuaspost.web.id -  Persiapan Panitia gawai dayak nosu minu podi ke-19 tahun 2023 telah mencapai 90 persen hal ini disimpulkan saat Panitia menggelar rapat finishing di Aula Kantor Dinas Perhubungan Sanggau, Kalimantan Barat, Sabtu 1 Juli 2023. 

Foto:Sekjen DAD Sanggau Urbanus  foto bersama panitia  saat rapat finishing di Aula Kantor Dinas Perhubungan Sanggau, Kalimantan Barat, Sabtu 1 Juli 2023. 

Untuk diketahui, pelaksanaan gawai dayak berlangsung dari tanggal 7 hingga 9 Juli 2023 di rumah betang raya dori mpulor Sanggau. Dengan mengusung tema "Sabang Merah Bermartabat." 


Rapat yang dipimpin Ketua panitia gawai dayak nosu minu podi ke-19 tahun 2023, Anselmus didampingi Wakil Ketua panitia Welem Suherman, sekretaris panitia Valentinus Sudarto dan panitia lainnya, dihadiri Sekjen DAD Sanggau Urbanus. 


"Dari semua koordinator panitia yang sudah kita kumpulkan dan diskusi bersama, sudah 90 persen persiapan kegiatannya,"kata ketua Panitia pada Kapuas post belum lama ini. 


Kepala Dinas Perhubungan Sanggau itu juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sanggau dan Kalbar umumnya, untuk hadir bersama-sama dan mensukseskan  gawai dayak di Kabupaten Sanggau ini.


"Terkait agenda kegiatan pada gawai dayak nosu minu podi tahun 2023 ini, kita memodifikasi semua kegiatan rentetan gawai dayak tahun sebelumnya dengan tambahan-tambahan kegiatan yang kita sesuaikan dengan perkembangan jaman, dimana adat ini tetap harus dilestarikan sesuai dengan kemajuan teknologi,"ujarnya.


Sesuai dengan tema yaitu Sabang Merah Bermartabat, artinya Sanggau bangga mengukir sejarah, disetiap tahun ada inovasi-inovasi terbaru dengan mempertahankan adat istiadat.


Sekretaris Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau, Urbanus mengatakan bahwa berbagai perlombaan akan dilaksanakan dalam rangkaian gawai dayak nosu minu podi ke-19 tahun 2023 di rumah betang raya dori mpulor di Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar.


"Perlombaan yang dilaksanakan adalah lomba tari kreasi dayak, lomba domamangk domia, lomba abang ayong, lomba menyumpit, lomba lagu daerah, lomba menumbuk dan menampik padi, lomba mendongeng, lomba pembuatan kue tradisional, lomba pangkak gasing, lomba membuat dan melukis perisai dan lomba memahat,"katanya.


Dalam kesempatan itu, Urbanus mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan gawai dayak nosu minu podi ini. 


"Silahkan bagi masyarakat yang akan menyaksikan langsung rangkaian kegiatan pada gawai dayak ini. Terpenting tetap jaga ketertiban dan keamanan, dan harapan kita pelaksanaan gawai ini lancar dari awal hingga penutupan,"ujarnya. (hen - Laiman /*).

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad