Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

Kalbarkampung moderasiSingkawang

Bersama Merawat Toleransi di Kota Singkawang

 

Foto/// Launching kampung moderasi beragama  digelar di halaman kantor Kementerian Agama Singkawang///

Singkawang, Kalbar - Kapuaspost.web.id- Dua kelurahan di Kota Singkawang dinobatkan sebagai Kampung Moderasi Beragama yakni Kelurahan Nyarumkop Kecamatan Singkawang Timur dan Kelurahan Sijangkung Kecamatan Singkawang Selatan.


Launching kampung moderasi beragama tersebut digelar di halaman kantor Kementerian Agama Singkawang, Rabu (9/8/2023). Kegiatan juga dirangkaikan dengan dialog kerukunan umat beragama.


Pj Wali Kota Singkawang Sumastro,  menyampaikan ucapan selamat dan mendukung sepenuhnya terhadap dua kelurahan yang baru saja di launching menjadi Kampung Moderasi Beragama.

“Saya sangat senang dengan adanya launching kampung moderasi beragama di Kota Singkawang. Yang saya lihat dan saya yakini ini tujuannya linier dan selaras dengan upaya kita bersama untuk merawat toleransi yang memang sudah berkembang dengan sangat mengagumkan di Kota Singkawang ini,”  jelas dia.


Sumastro mengharapkan dua kelurahan ini dapat menjadi contoh dan mewakili 26 kelurahan yang ada di Kota Singkawang. Dalam rangka menjaga kerukunan hidup beragama antar masyarakat untuk semakin memperkuat predikat Kota Tertoleran.


Dikatakan dia, tiga kali predikat ini bisa diraih dan tidak mudah karena branding kota tertoleran ini sangat kuat. Bukan hanya dalam rangka menjaga kerukunan hidup antar masyarakat yang beranekaragam etnis dan agama, tetapi juga menjadi jaminan bahwa daerah tersebut nyaman dan menarik untuk dikunjungi.


“ Termasuk juga jaminan keamanan dan kondusitfitas suatu wilayah untuk berinvestasi,” katanya.


Menyinggung soal predikat, Sumastro juga menyampaikan Kota Singkawang baru saja meraih anugerah Tribun Pontianak Award untuk kategori Kota Wisata yang berkembang berbasis keunggulan budaya dan kuliner.


“Alhamdulillah,Kota Singkawang mendapatkan anugerah Tribun Pontianak Award untuk kategori Kota Wisata yang berkembang berbasis keunggulan budaya dan kuliner. Dengan suguhan kuliner yang beranekaragam dan kekuatan multi etnis kultural yang kita miliki, mudah-mudahan mampu kita rawat,”  terangnya.


Tak lupa, Sumastro juga menegaskan kepada seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan, agar dapat berkomitmen mensukseskan gelaran pemilu 2024 dengan menunjukkan kerja sama dan ekosistem persaudaraan yang harmonis.


Dirinya ingin Singkawang menjelang tahun politik 2024 harus dipastikan dan disepakati bersama dan bagian dari komitmen dan tanggungjawab sebagai elemen masyarakat untuk zero konflik dan zero accident pada tahun politik nanti. 


“Kalau memang ada dinamika kita sepakat untuk mengawal dan mencari alternatif musyawarah mufakat dalam penyelesaiannya,” tegasnya.


Serangkaian dengan kegiatan launching Kampung Moderasi Beragama ini, dilaksanakan pula penyerahan Hibah Tanah dari Pemerintah Kota Singkawang kepada Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang yang turut disaksikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat. (cok)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad