Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

dewan PersJakartaNasional

Dewan Pers : Independensi Jurnalis jelang Pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2024

 JAKARTA—Dewan Pers mengingatkan pentingnya jurnalis dan media menjaga independensi menyongsong pelaksanaan pemilu dan pilpres pada 2024 mendatang. 

Hal ini dimaksudkan agar pers bisa bersikap netral dan tidak hanya menyuarakan aspirasi kelompok tertentu saja.


Ketua Dewan Pers, Dr Ninik Rahayu, mengungkapkan bahwa pers menjadi bagian penting dalam penyenggaraan pemilu. 

“Pers bertanggung jawab melahirkan dan menjaga nilai-nilai demokrasi agar sesuai dengan tujuan penyelenggaraan pemilu,” kata diabeberapa waktu lalu pada saat mengadakan Workshop peliputan pemilu di Jakarta. 


"Pers bertanggung jawab memberikan informasi yang akurat, kredibel, dan dapat menambah daya intelektual masyarakat. Pers juga tidak bisa lepas dari fungsi kontrol terhadap apa yang diketahui. Kritikan dan masukan yang disampaikan pers hendaknya memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dan tidak sekadar sesuai keinginan rakyat saja." Tambahnya. 



Dibelakangnya bahwa, isu besarnya adalah soal netralitas media. Hal tersebut belakangan ini kian menjadi sorotan khalayak lantaran beberapa media massa dan penyiaran memiliki kedekatan dengan figur politik tertentu.


Anggota Dewan Pers, Totok Suryanto, dan anggota Bawaslu, Toto Haryono, sama-sama memandang perlunya kerja sama semua pihak terkait dengan media untuk bermitra dalam membantu pengawasan dan jalannya pemilu. 


Pers diminta selalu menaati Kode Etik Jurnalistik (KEJ), memiliki itikad baik, dan menghindari terjadinya disinformasi.


Penulis : Laiman

Sumber: Dewan Pers


Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad