Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

Kombis

Ide Bisnis Rumahan dengan Modal 100 Ribuan Saja, Salah Satunya Keripik Singkong

 

Kombis – Kapuaspost.web.id - Saat ini mencari peluang bisnis rumahan memang banyak digandrungi oleh ibu rumah tangga ataupun pekerja paruh waktu. Banyak sekali jenis bisnis yang bisa dicoba.

Bisnis rumahan biasanya dimulai dengan modal kecil namun bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Lantas, bisnis apa saja yang bisa dilakukan?

Bagi siapapun yang ingin membuka bisnis rumahan dalam bentuk usaha makanan ringan, atau usaha camilan simak artikel ini hingga habis ya.

Untuk bisnis rumahan bisa memulai usaha dengan misalnya membuat keripik atau makanan ringan lain. Dengan modal kecil yang tidak lebih dari Rp100.000. Bisnis seperti ini bukan hanya bermodal kecil tapi juga menguntungkan.

Akan lebih menguntungkan jika produksi cemilan ini dibuat dalam jumlah yang banyak dan dijual ketempat banyak juga.

Cara membuat bisnis rumahan dengan membuat makanan ringan ini pun mudah. Kita tak perlu untuk membeli alat-alat khusus seperti usaha industri besar.

Pemasarannya pun tak sulit, kita bisa titipkan di warung atau di kantin sekolah dan hasilnya dibagi sesuai dengan persetujuan kedua belah pihak.

Bagi ibu rumah tangga atau karyawan yang ingin memiliki penghasilan tambahan tak ada salahnya mencoba usaha kacang bawang contoh salahsatunya.

Pembuatannya pun mudah, kacang yang sudah dikupas direndam dengan air garam dan bawang yang sudah dihaluskan. Lalu direndam kurang lebih dua jam.

Setelah itu, digoreng bersamaan dengan bawang putih iris di minyak panas. Biasanya kacang bawang dijual Rp1.000/bungkusnya.

Berikut beberapa makanan ringan atau cemilan yang bisa dijadikan bisnis rumahan, diantaranya:

Keripik Singkong

Makanan yang satu ini memang menjadi camilan yang melegenda dan tetap ada. Tak salah jika keripik singkong ini dijadikan makanan ringan favorit, bisa dimakan kapan saja, bahkan bisa dijadikan sebagai pengganti kerupuk.

Membuatnya pun tak terlalu sulit, hanya saja batang singkong terkadang keras sehingga butuh pisau yang tajam.

Biasanya untuk membuat keripik yang renyah singkong yang diiris tipis-tipis kemudian direndam dengan air garam dan bawang putih. Setelah itu, digoreng diminyak panas.

Setelah matang, keripik singkong ditiriskan agar minyak hilang. Karena minyak yang banyak membuat keripik kehilangan kerenyahan. Setelah keripik dingin baru dimasukkan ke dalam plastik.

Harga dari cemilan ini bervariasi, bisa dijual Rp1.000/bungkus, bahkan bisa juga dijual dengan Rp5.000/bungkus.

 Lanting

Salah satu makanan ringan rumahan yang melegenda adalah lanting. Meski keras namun camilan yang terbuat dari singkong ini ternyata tak sedikit peminatnya.

Camilan yang berbentuk cincin ini selain bisa langsung dimakan bisa juga dijadikan sebagai pengganti kerupuk saat makan makanan berkuah.

Lanting juga biasanya dijadikan makanan untuk oleh-oleh daerah Kebumen, Pringsewu dan lain-lain. Selain itu, lanting juga biasa dijajakan di warung atau pasar tradisional.

Jika ingin membuka usaha ini tak ada salahnya jika menjual lanting dengan bungkus kecil yang harganya per bungkusnya seribu rupiah.

Keripik Bawang

Keripik bawang, makanan yang dikenal sebagai pengganti kerupuk ini memang enak jika dijadikan pelengkap di saat makan. Tak sedikit pula yang menjadikannya sebagai makanan ringan.

Jika Anda ingin membuka usaha ini tentunya menguntungkan. Cara membuatnya pun tak terlalu susah cukup mencampurkan tepung terigu, dua butir telur, garam, bawang putih yang dihaluskan, bawang bombai yang dihaluskan, mentega yang dicairkan dan air secukupnya. Kemudian digoreng dengan minyak panas.

Sama seperti membuat keripik singkong. Setelah matang, sebelum dimasukkan ke dalam kantong plastik, maka minyaknya ditiriskan dan didinginkan terlebih dahulu.

Karena membuatnya cukup mudah, harga jualnya tidak terlalu mahal. Sekantong kecil seharga seribu rupiah.

Usus Crispy

Jika biasanya usus ayam yang biasanya dijadikan sebagai lauk kini dimanfaatkan sebagai makanan ringan rumahan. Menjadi usus crispy.

Caranya mudah dengan mengukus usus ayam kemudian ditambahkan dengan terigu, tepung beras, telur, bumbu halus (kemiri, bawang putih, merica dan penyedap rasa, dan garam). Setelah itu digoreng hingga crispy.

Makanan ringan ini setelah diolah menjadi mahal. Per bungkusnya dua ribu lima ratus rupiah. Berbeda dengan makanan lainnya yang biasanya hanya seribu per bungkusnya.

Bolu Ngakak/Bolu Kukus

Bagi pencinta bolu pastinya tahu apa itu bolu ngakak. Bolu kukus yang sangat mekar dan jika diperhatikan seperti orang tertawa terbahak-bahak sehingga disebut dengan bolu ngakak.

Tak sedikit ibu-ibu yang membuat bolu ini menjadi makanan ringan di rumahnya. Karena membuat bolu ini bisa dibilang lebih mudah dibandingkan brownies atau bolu lainnya. Bisa dibuatnya juga tanpa menggunakan mixer cukup dengan kocokkan biasa.

Untuk harga jualnya pun relatif terjangkau, biasa dijual dengan harga seribu rupiah saja.

Demikian informasi terkait bagaimana mencari peluang bisnis rumahan yang hanya modal kecil namun bisa memperoleh keuntungan yang besar. (*)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad