Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

KalbarPontianakUKW

Jalani UKW 2 Hari Peserta Dari PWI Kalbar Kompeten 100%

Kapuaspost.web.id - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) yang diselenggarakan oleh Dewan Pers bekerjasama dengan PP PWI, IJTI , LPDS dan tuan rumah PWI Kalbar berlangsung di Hotel Golden Tulip  jalan Teuku Umar Pontianak sejak tanggal 18-19 Agustus 2023, diikuti 45 peserta berakhir, Sabtu (19/8) sore.

Jamalu Insan perwakilan Dewan Pers sebelum menutup kegiatan mengatakan, kegiatan UKW ini difasilitasi oleh Dewan Pers sudah berjalan sejak tahun 2019 semoga tahun yang akan datang masih bisa kita laksanakan. 


" Karena ditahun depan bertepatan dengan pesta demokrasi, kami Dewan Pers belum dapat memastikan bisa atau tidak melaksanakan,  karena kegiatan ini juga menggunakan dana APBN" Ujar Jamalu. 


Dewan Pers melakukan kegiatan UKW di seluruh   Provinsi dan menargetkan setiap provinsi minimal 54 peserta UKW.


“Bila memungkinkan dan dibutuhkan sesuai anggaranya, maka dewan pers dapat menambah jumlah kursi UKW, dan dapat juga mengurangkan jumblah kursi, tergantung ramai tidaknya minat wartawan daerah mengikutinya,” ungkapnya.

Di kesempatan yang sama perwakilan PWI Pusat, M Harris Sadikin menyampaikan, 16 anggota PWI yang ikut UKW, dan kesemuanya dinyatakan kesemuanya berkompeten. 


“Untuk diketahui secara nasional anggota PWI yang telah lulus UKW sebayak 16.900 orang dari 40.000 anggota PWI" terangnya.


Harris menyebutkan, UKW adalah langkah awal seorang wartawan menjalani profesinya, dan itu merupakan suatu tanggung jawab besar untuk wartawan menjaga perilaku dan etikanya.

Ketika Ia bertugas sebagai seorang wartawan dimanapun berada. “Terima kasih kepada dewan pers yang telah memfasilitasi UKW di Kalbar,” ucapnya.


Sementara itu Perwakilan Lembaga Uji Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI), Idria Purnama Hadi menyampaikan, ada 12 orang yang mendaftar dan dalam proses berjalan  ada 5 orang yang mengundurkan diri untuk tidak menlanjutkan ujian. ” Jadi total yang mengikuti UKW ada 7 orang dari IJTI,” katanya.


IJTI sendiri sementara tidak bisa mengumumkan jumlah peserta UKW yang berkopenten hal itu dikatakannya berdasarkan komitmen kesepakatan bersama IJTI dengan Dewan Pers.


“Jadi hasil UKW ini, hanya saya, penguji dan peserta yang tau hasilnya, dan hasil UKW hari ini selanjutnya akan diserah secar kelembagaan ke Dewan Pers,” ujarnya.


“Kepada para peserta UKW yang dinyatakan Kompeten untuk bisa menjaga nama baik organisasi da profesi jurnalis di manapun berada,” tambahnya.


Sementara, lembaga pers Dr Soetomo

(LPDS) melalui, Priyambodo RH menyampaikan, 24 peserta dari LPDS yang ikut UKW di Kalbar terdapat 2 peserta yang mengundurkan diri, dan 2 peserta lainya dinyatakan belum kopeten ketika ikut di UKW. “Untuk peserta LPDS yang lulus UKW ada 20 peserta,” pungkasnya.


Terpisah, Penguji UKW yang juga menjabat sebagai Sekertaris PWI Kalimantan Timur, Wiwid Marhaendra Wijaya mengatakan, UKW ini merupakan bentuk keseriusan wartawan dalam mengemban profesinya.


“Setelah mengikuti UKW ini para peserta dapat mengukur kemampuannya, apakah berkompeten atau belum,” katanya kepada sejumlah peserta yang diujinya Sabtu, 19 Agustus 2023.


Salah seorang peserta, Arya Laksana Bima mengaku bersyukur karena dapat mengikuti Uji Kompetensi Watawan.


“Tentunya saya bersyukur mendapatkan kesempatan untuk mengikuti UKW ini dan dinyatakan berkompeten,” ucapnya. (Laiman) 

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad