Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

PAS Amanpasar kemuningPontianak

Pasar Kemuning Pontianak jadi sasaran Program PAS Aman 2023

PONTIANAK - Pasar Kemuning Kota Baru di Kota Pontianak menjadi satu - satunya sebagai penerima manfaat kegiatan Pasar Pangan Segar Aman (PAS Aman) 2023 dari Badan Pangan Nasional.

"Program PAS Aman diinisiasi oleh Badan Pangan Nasional yang dilaksanakan di 20 provinsi di Indonesia dan Kalbar di antaranya, tepatnya Pasar Kemuning," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar, Herti Herawati di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa penetapan kabupaten atau kota penerima PAS Aman berdasarkan jumlah registrasi Pangan Segar Asal Tumbuhan Produksi Dalam Negeri Usaha Kecil (PSAT-PDUK) yang dihasilkan.

"Kemudian pasar tradisional yang direkomendasikan adalah sudah mendapat intervensi dari instansi pemerintah. Pasar Kemuning Kota Baru di Pontianak Selatan memenuhi hal itu sehingga sebagai penerima manfaat kegiatan PAS Aman 2023,"jelas dia.

Menurutnya program PAS Aman sebagai upaya pemerintah dalam memperkuat sistem pengendalian internal dalam penanganan, penyimpanan, distribusian penjualan pangan segar yang aman.

"Terpenting juga melalui kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran pedagang, pengelola, dan konsumen atau masyarakat terhadap pasar tradisional dalam penyediaan pangan segar yang aman dan bermutu serta lainnya," kata dia.

Ia berharap dengan adanya program PAS Aman di Pasar Kemuning, Kota Pontianak bisa meningkatkan kesadaran pedagang, pengelola dan masyarakat tentang pentingnya keamanan pangan.

"Bagaimana juga dengan program yang ada mewujudkan lingkungan pasar tradisional yang sesuai dengan prinsip sanitasi," papar dia.(lyn)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad