Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

KalbarPontianak

Pesta HUT Perak STT Pastor Bonus Dan STAV Akan Disemarakkan Dengan Kehadiran Perwakilan Vatikan

PONTIANAK - Sudah sebanyak 322 calon imam yang didik oleh Sekolah Tinggi Teologi (STT) Pastor Bonus dan Seminari Tinggi Interdisesan Antonio Ventimiglia (STAV) dalam jangka waktu 25 tahun ini.
 
Kiri ke kanan :  Pastor Edmund Nantes, OP,  Pastor Ambrosius Dai Mosa, Frater Beni Kristian, OFM. Cap

 

STT Pastor Bonus dan Seminari ini memang hadir untuk menjadi tempat pendidikan para calon imam di Kalimantan sesuai dengan standar yang diharapkan oleh keuskupan di Kalimantan yang berharap adanya imam yang mampu mengatasi semua permasalahan umat.

Pada hari Kamis, 19 Oktober 2023 Pastor Edmund Nantes, OP, selaku Rektor dari STAV, menggelar konferensi pers bersama media cetak, elektronik, dan online di Kota Pontianak. Kegiatan yang berlangsung di Aula pertemua STT Pastor Bonus dan STAV, di Jalan 20 Oktober, Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak.

Pastor Edmund Nantes, OP juga ditemani oleh Pastor Ambrosius Dai Mosa, selaku perwakilan STT Pastor Bonus dan Frater Beni Kristian, OFM. Cap., sebagai perwakilan mahasiswa.

"STT Pastor Bonus memang dihadirkan untuk frater calon imam projo Regio Kalimantan yang ingin meningkatkan jenjang hingga ke S-2," Terang Pastor Edmund Nantes, OP.

"STT ini mengalami proses pembenahan yang terus menerus baik dari segi fisik bangunan maupun metode pembinaan. Gerakan model pembinaan yang dilakukan yakni dengan membuka pintu lebar-lebar, menjalin kerjasama dengan para pimpinan Ordo Kapusin dan Kongergasi Pasionis, , MSA, GJD dll yang berkarya di Bumi Borneo untuk mengirim para fraternya bergabung menempuh Pendidikan di STT Pastor Bonus," terangnya lebih lanjut.
 
25 Tahun STT Pastor Bonus

Kiprah perjalanan STT Pastor Bonus dalam kurun waktu 25 tahun terakhir telah berhasil mendidik 322 calon imam dan 209 lulusan imam yang tersebar di 8 Keuskupan regio Kalimantan yaitu Keuskupan Agung Pontianak, Keuskupan Sanggau, Keuskupan Sintang, Keuskupan Ketapang, keuskupan Agung Samarinda, Keuskupan Samarinda, Keuskupan Banjarmasin, Keuskupan Palangkaraya dan Keuskupan Tanjung Selor.

"Untuk itu, sebagai ungakapan Syukur atas dedikasi pelayanan STT Pastor Bonus dan STAV ke- 25 ini maka pada tanggal 27 Oktober 2023 akan dilaksanakan Perayaan Pesta Perak HUT STT Pastor Bonus dan STAV dengan puncaknya adalah perayaan Ekaristi Kudus yang akan dipimpin oleh Duta Besar Vatikan untuk Republik Indonesia Mgr Piero Pioppo. Selain itu hadir pula para Uskup se regio Kalimantan, para alumni, para pejabat pusat dan daerah, para tokoh Masyarakat dan tentu juga Umat Katolik di Kalimantan Barat," lanjutnya.

Kehadiran STT Pastor Bonus dan STAV, merupakan jawaban atas kebutuhan akan tenaga Imam sungguh nyata saat ini. Kekurangan tenaga Imam di berbagai Keuskupan di regio Kalimantan menjadi keprihatinan Pastoral yang patut diberi perhatian lebih."Hal ini, mengingat saat ini jumlah umat Katolik di berbagai Keuskupan semakin bertambah setiap tahunya sementara jumlah Imam yang melayani di Paroki tidak sebanding dengan bertambahnya jumlah Imam," sambung Pastor Edmund Nantes, OP.

Kedatangan Dubes Vatkan untuk Republik Indonesia selain menghadiri Pesta Perak 25 Tahun STT Pastor Bonus dan STAV. Mgr Piero Pioppo juga akan hadir dalam Perayaan 50 Tahun Gua Maria Ratu Pencinta Damai di Anjonan."Semoga STT Pator Bonus dan STAV terus menjadi harapan Umat Katolik di Regio Kalimantan dalam melahirkan para Imam yang melayani di berbagai Keuskupan di regio Kalimantan dan menjadi denyut nadi Gereja Katolik yang Universal dan Humanis," harap Pastor Edmund Nantes, OP. (Rif)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad