Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

KalbarTaiwanUntan

UNTAN Dan Universitas Asal Taiwan Berkolaborasi Gelar Pameran Pendidikan Di Auditorium UNTAN

PONTIANAK - Universitas Tanjungpura (UNTAN) sebagai salah salah satu perguruan terbesar di Pontianak dan Kalimantan Barat terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikannya baik untuk skala nasional maupun skala internasional. Kampus yang sudah berdiri sejak tahun 1959 ini melakukan kerjasama dengan universitas-universitas terbaik yang berasal dari Taiwan melalui acara Pameran Pendidikan Taiwan Higher Education Fair (THEF) 2023 di Auditorium UNTAN, dari hari Senin (30/10/2023) hingga Selasa (31/10/2023).
 
 
Sebanyak 15 Universitas asal Taiwan ikut ambil bagian pada THEF 2023 kali ini seperti, Wenzao Ursuline University of Languages, Tzu Chi University of Science and Technology, Tamkang University, Takming University of Science and Technology, National Taiwan University of Science and Technology, National Sun Yat-sen University, Minghsin University of Science and Technology, China Medical University, Chienkuo Technology University, Chien Hsin University of Science and Technology, Central Taiwan University of Science and Technology, Asia University, dan yang terakhir WuFeng University.
Rektor Universitas Tanjungpura, Prof. Dr. H. Garuda Wiko S.H., M.Si sangat bersyukur dengan diadakannya THEF 2023 kali ini karena UNTAN bisa bekerjasama dengan Universitas terbaik dari Taiwan.
"Kita sangat bersyukur karena bisa membuka jaringan baru untuk bekerjasama, karena visi UNTAN sendiri salah satunya untuk meng-internasionalisasi mahasiswa kita." Jelas Garuda Wiko.
"Semoga dengan kesempatan yang diberikan oleh Taiwan ini bisa dimanfaatkan oleh UNTAN dengan sebaik mungkin untuk membuat peta jalan pola kerjasama ini." Terang Garuda Wiko lebih lanjut.
Mahasiswa UNTAN yang melakukan pertukaran pelajar dengan Universitas yang ada di Taiwan bisa menimba ilmu lebih lama dibandingkan dengan melakukan pertukaran pelajar dengan negara lain.
"Mahasiswa kita yang mengikuti pertukaran pelajar ini bisa belajar 5 hingga 7 tahun dibandingkan jika melakukan pertukaran pelajar dengan negara lain seperti Singapura yang hanya selama 1 tahun saja." Ungkap Garuda Wiko.
Kerjasama pertama yang akan diajukan oleh UNTAN kepada Universitas-Universitas Taiwan yang hadir di THEF 2023 adalah Freshgraduate Kuliah di Taiwan.
"Ya kerjasama pertama yang akan diajukan oleh UNTAN yaitu siswa-siswa SMA yang baru lulus memiliki kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan di Taiwan, serta pertukaran mahasiswa antara UNTAN dan Universitas Taiwan bisa berlangsung, dan harapannya mahasiswa Taiwan juga mau bergabung ke UNTAn dengan kita menyiapkan prodi-prodi unggulan untuk menarik minat mereka." Terang Garuda Wiko.
Yinghuei Chen, Phd selaku perwakilan dari Asia University mencari mahasiswa terbaik dari Indonesia untuk berkuliah di Taiwan melalui kegiatan THEF 2023 ini.
"Kami mencari "excellent student" yang mau berkuliah di Taiwan, dan karena Taiwan merupakan masyarakat high tech jadi kami membutuhkan talenta-talenta muda yang mau berkuliah disini." Ujar Chen.
Dengan THEF ini Chen juga berharap kerjasama yang erat antara Taiwan dan Indonesia dan saling menguntungkan satu sama lainnya.
"Kami berharap kerjasama yang telah terjalin antara Taiwan dan Indonesia di bidang pendidikan akan semakin erat dan baik kedepannya." Terang Chen.(Rif)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad