Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

KalbarMasjidSingkawangWakaf Tunai

Tingkatkan Kesadaran Kelola Masjid dan Berwakaf Secara Tunai

 

Foto//// Kegiatan rutin Safari Maghrib dan Isya Keliling (Smailing) Program unggulan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang////

Singkawang, Kapuaspost - Program unggulan Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Safari Maghrib dan Isya Keliling (Smailing), kembali dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Juli 2024. 


Kegiatan yang rutin digelar setiap hari Rabu ini diawali dengan sholat Maghrib berjamaah dan dilanjutkan dengan sambutan serta tausiyah. Kali ini, acara berlangsung di Surau Miftahul Jannah, Jl. Tani Gang. Kelapa Dua, Kelurahan Kuala, Singkawang Barat.


Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Kepala KUA Singkawang Barat, Agus Salim, Kepala KUA Singkawang Utara, H. Beni Arifin, serta Penyuluh Agama dan para jemaah surau.


 Dalam sambutannya, Agus Salim menyampaikan sosialisasi tentang program Pemerintah yaitu Masjid Percontohan dan Wakaf Tunai. 


“Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mengelola masjid dan berwakaf secara tunai,” ungkap  Agus Salim, Kepala KUA Singkawang Utara.


Dikatakan lebih jauh, bahwa Program Masjid Percontohan bertujuan untuk menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial yang berkualitas. 

Sedangkan Wakaf Tunai adalah cara bagi kita untuk berkontribusi secara berkelanjutan dalam pembangunan dan pengelolaan fasilitas keagamaan serta sosial.


Pada kesempatan ini, Ust. H. Jahri, selaku Penyuluh Agama Fungsional KUA Singkawang Barat, bertindak sebagai petugas tausiyah. Dalam ceramahnya, Ust. H. Jahri menguraikan tentang hakekat hijrah. 

Ia menekankan pentingnya hijrah dalam arti berpindah dari hal-hal yang tidak baik menuju kehidupan yang lebih baik dan lebih dekat kepada Allah SWT.


“Hijrah bukan hanya sekedar berpindah tempat, tetapi juga berpindah dari keburukan menuju kebaikan. Ini adalah proses yang harus kita jalani setiap hari dalam kehidupan kita sebagai umat Islam,” jelas Ust. H. Jahri.


Kegiatan Smailing ini mendapat respon positif dari para jemaah yang hadir. Mereka merasa program ini sangat bermanfaat untuk mempererat tali silaturahmi antar umat serta meningkatkan pengetahuan keagamaan.


Program Smailing ini diharapkan terus berjalan dengan baik dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kota Singkawang. Terutama dalam meningkatkan kualitas keagamaan dan sosial di lingkungan sekitar. (cok)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad