Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

Danrem 121/abwKalbarPontianak

Danrem 121/ABW Ungkap Keberhasilan Tim Satgas Pamtas RI - Malaysia dalam Menggagalkan Penyelundupan Narkoba

PONTIANAK , KP - Brigjen TNI Luqman Arief sebagai Dankolakops Rem 121 Alambhana Wanawwai Kalimantan Barat kembali mengumumkan keberhasilan Satgas TNI Perbatasan RI - Malaysia dalam menggagalkan penyelundupan Narkoba oleh Satgas Yonzipur 5/ABW seberat 8.4 Kg, Namun kali ini ada hal yang berubah dari sisi metode yang digunakan oleh penyelundup specialist Sabu RI-Malaysia tsb ungkapnya. 

"Kalau sebelum sebelumnya, Sektor Barat khususnya wilayah Jagoi Babang sd Temajuk Sambas adalah rute Utama dari penyelundup, sekarang karena mereka sudah mulai kesulitan menembus pagar aktif masyarakat yang kita bentuk lewat Program RADAR EMBRIO ANTI NARKOBA, akhirnya mereka mulai mencoba rute baru, yaitu di Sektor timur, Tepatnya kali ini di Wilayah Sei Tekam Ketungau Hulu, juga jumlah berat penyelundupan di pecah lebih kecil, biasanya diatas 20 Kg, sekarang di pecah dibawah 10 Kg, karena sebelum tangkapan 8.4 Kg ini , 6 Kg juga Sabu berhasil digagalkan oleh satgas Pamtas, tidak sampai 2 minggu yang lalu"Ungkapnya. 

Kronologis diawali dengan laporan dari masyarakat binaan Program RADAR EMBRIO ANTI NARKOBA kepada anggota Satgas Pamtas Yonzipur 5/ABW di wilayah sekitar Sei Tekam, Ketungau Hulu Kab. Sintang pada 10 Agustus 2024, tentang adanya kabar akan melintasnya barang haram tersebut dari Malaysia, Satgas Pamtas dibawah pimpinan Letkol Czi Shobirin Setio Utomo langsung menindaklanjuti dengan merancang operasi sergap/ambush dengan Fokus di jalan tikus yang sebelumnya sudah di petakan. 

Tepat pada hari minggu 11 Agustus, Pukul 01 Dini Hari, Tim sergap yang sudah siaga di titik yang diperkirakan di sekitar wilayah Sei Tekam, memonitor gerak gerik mencurigakan dari 2 orang yang melintas dari arah perbatasan Malaysia melalui jalan tikus tersebut, Tim Sergap Dengan sigap melakukan penyergapan dan pengejaran terhadap 2 orang tersebut, kedua orang tersebut lari tunggang langgang dengan arah terpisah masuk menuju wilayah tapal Batas Malaysia sambil melemparkan barang bawaannya. 

Setelah dipastikan tidak terkejar dan sudah masuk wilayah Malaysia, Tim sergap kemudian melakukan penyisiran, dan ditemukan 1 Tas berwarna biru, yang setelah dibuka, didapatkan 8 paket Sabu, dengan berat +/- 8.4 Kg. 

Menyikapi semakin kompleksnya Tantangan yang dihadapi di perbatasan, terutama mengenai penyelundupan Narkoba ini, Brigjen Luqman Arief Menyatakan, Kemanunggalan TNI AD dengan masyarakat adalah Satu satunya cara yang paling effective untuk mengatasinya. 

"Para Agen Radar Embrio anti Narkoba ini akan saya pastikan ada di setiap jengkal tanah perbatasan, Kolaborasi mereka dengan TNI AD akan menjaga NKRI ini dengan Maksimal" Pungkas Brigjen Luqman. (*/Red) 

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad