Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

KalbarKemenagMelawi

Kakanwil Kemenag Kalbar Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Untuk Rawat Harmoni Sosial Saat Memghadiri Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama

MELAWI, KP - Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalbar, Dr. H. Muhajirin Yanis mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus merawat harmoni sosial. Hal itu disampaikannya ketika menjadi narasumber kegiatan Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama yang digelar Kantor Kemenag Kabupaten Melawi di Hotel Nite & Day Harmoni, Rabu (14/8/2024) pagi. 


"Pemerintah mencanangkan program penguatan moderasi beragama dan telah menjadi program nasional. Penguatan moderasi beragama menjadi salah satu dari tujuh program prioritas Kementerian Agama," jelas Muhajirin Yanis. 

Menurutnya, bangsa Indonesia merupakan bangsa yang plural, banyak suku bangsa dan agama. Tersebar di ribuan pulau-pulau, maka moderasi beragama merupakan ikhtiar kita bersama untuk merawat Indonesia.

Dalam kesempatan itu pula, Muhajirin Yanis mengungkapkan bahwa sebagai anak bangsa, kita harus punya komitmen kebangsaan, yakni dengan menjaga empat pilar bangsa: Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945.

Lebih lanjut Muhajirin Yanis menuturkan, ada empat indikator dalam moderasi beragama yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan penerimaan terhadap tradisi.

Di momen tersebut, Muhajirin juga menjelaskan soal Batik Kerja Kemenag Kalbar dengan tema Gemuruh Toleransi Tidayu (Tionghua, Dayak dan Melayu) ini termasuk salah satu ikhtiar merawat moderasi beragama yang ada melalui pakaian. "Batik Gemuruh Toleransi Tidayu merupakan simbol berbagai suku, adat, budaya dan agama, jika dirawat dengan baik, dipadukan dengan serasi menjadi seni yang sangat indah," tegas Muhajirin Yanis. 

Dirinya juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada masyarakat Kalimantan Barat yang terus menjaga harmoni sosial. 

"Alhamdulillah. Berkat ikhtiar kita bersama dalam merawat dan menjaga keharmonisan umat, Provinsi Kalbar menempati posisi ke-6 indeks kerukunan umat beragama se-Indonesia," pungkas Muhajirin. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Kalbar Kaharudin, Kabid PHU Kamaludin, Kabid Urais Ekhsan, Kepala Kemenag Kabupaten Melawi Aan Subakir, Ketua DWP Kanwil Kemenag Kalbar Salbia Muhajirin dan peserta dari berbagai unsur masyarakat. (*/Red) 

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad