Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

Duta Baca IndonesiaKalbarPerpustakaan NasionalPontianak

Safari Literasi Kalbar bersama Duta Baca Indonesia

PONTIANAK, KP - Duta Baca Indonesia, Gol A Gong, akan mengisi kegiatan Safari Literasi Kalimantan Barat untuk pertama kalinya.
 


"Ini pertama kalinya di Kalimantan Barat pada tahun 2024, agenda bersama kita dengan Duta Baca Indonesia. Nah, karena ini pertama kalinya, antusiasme teman-teman pegiat literasi di sini banyak sekali," ujar Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Kalimantan Barat (Kalbar), Anisa, saat diwawancarai di Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama kali diadakan di Kalimantan Barat bersama Duta Baca Indonesia. Anisa juga menuturkan bahwa kegiatan Safari Literasi secara keseluruhan akan diikuti oleh ratusan peserta. Banyaknya peserta yang mengikuti menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat Kalimantan Barat terhadap kegiatan tersebut.

Rangkaian kegiatan Safari Literasi Kalimantan Barat (Kalbar) dimulai pada Jumat malam. Anisa menambahkan bahwa Gol A Gong, Duta Baca Indonesia, bersama komunitas literasi akan mengadakan pelatihan membuat plot dalam cerpen.

Selanjutnya, pada Sabtu pagi, Duta Baca Indonesia akan melanjutkan acara bersama komunitas Punggur Cerdas. Kemudian, pada siangnya, ia akan menjadi narasumber dalam seminar bersama Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM), TBM Fitra Berkah Insani dan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi (Himsos).
 


Anisa menambahkan bahwa setelah seminar, Duta Baca Indonesia akan melanjutkan kegiatan bersama Forum Anak Kelurahan Parit Mayor.

Pada Minggu, Gol A Gong bersama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pontianak akan hadir pada acara "Galang Gemar Membaca" dan lomba membaca nyaring. Kegiatan akan ditutup dengan susur Sungai Kapuas bersama semua panitia safari.

Pihak-pihak yang terlibat dalam Safari Literasi Kalbar adalah Forum Taman Bacaan Kalimantan Barat, Kopermeka, TBM Fitra Berkah Insani, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi, Punggur Cerdas, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pontianak, Forum Anak, dan juga RRI Pro Satu Pontianak.

Anisa berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan gairah dan semangat pegiat literasi di Kalimantan Barat. "Harapan ke depannya sih kita berharap semoga ini semakin menumbuhkan gairah dan semangat dari pegiat literasi yang ada di Kalimantan Barat, karena melihat pergerakan literasi di provinsi-provinsi lainnya, semangat teman-teman pegiat literasi di Kalimantan Barat tidak kalah membara," kata Anisa.

Anisa juga berujar agar kegiatan Safari Literasi dapat diadakan secara rutin setiap tahunnya sebagai upaya memperkuat literasi di Kalimantan Barat.(lyn)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad