PONTIANAK, KP - Hasil tes akselerasi yang dilakukan oleh tim Yamaha menunjukan kalau NMAX 'Turbo' memang lebih kencang dari Aerox 155.
Selain penggunaan YECVT (Yamaha Electric Continously Variable Transmission), mungkin tidak banyak yang tahu banyak yang berbeda dari mesin NMAX 'Turbo' dan Aerox 155.
Baik NMAX 'Turbo' dan Neo sudah mengadopsi basis mesin Bluecore 155 cc generasi terbaru yang sebelumnya sudah digunakan oleh Yamaha Lexi 155. Sedangkan untuk Yamaha Aerox, saat ini masih gunakan mesin Bluecore 155 cc generasi sebelumnya.
Fendi selaku Manajer After Sales PT Aneka Makmur Sejahtera yang merupakan distributor menjelaskan soal kelebihan mesin generasi terbaru ini.
"Mesin ini makin disempurnakan dengan cara mengurangi gaya gesek yang terjadi, sehingga beban kerja mesin berkurang," ucap Fendi.
Jika dirinci, pertama mesin generasi terbaru ini sudah menggunakan Rotor Assy dan Crankshaft Assy yang sudah disesuaikan dan dibikin lebih ringan. Selanjutnya, untuk mengurangi gesekan, mesin ini sudah pakai teknologi hidrolik tensioner.
Sedangkan pada bagian blok silindernya, sudah pakai teknologi mirror bore cylinder yang menggunakan perlakuan khusus pada bagian boring agar permukaannya lebih halus.
"Efek mirror bore cylinder ini, mampu mereduksi oli menguap berlebih," terang Fendi.
Khusus untuk Yamaha NMAX 'Turbo' series, ada penambahan jalur oli untuk melumasi komponen YECVT.
Makanya, untuk NMAX 'Turbo' series butuh kapasitas mesin yang lebih banyak, menjadi 1 liter setiap penggantian berkala.
Dengan berbagai ubahan tadi Yamaha mengklaim kalau gesekan terjadi di mesin bisa tereduksi yang membuat performa bisa meningkat dan juga lebih efisien. Jadi, sebenarnya memang sudah banyak sekali perbedaan antara mesin yang digunakan NMAX generasi terbaru dengan Aerox yang dipasarkan saat ini.(*/Red)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar