Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

KalbarPoldaPontianak

Polda Kalbar dan Media Sinergi untuk Kamtibmas Kondusif dan Pemilu Damai

PONTIANAK, KP – Kapolda Kalimantan Barat Irjen Pol. Pipit Rismanto, S.IK, M.H, menegaskan kepolisian dan media harus bersinergi dalam mengelola informasi yang aktual dan terpercaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

 Kapolda menyampaikan hal tersebut pada silaturahmi Polda Kalbar dengan awak media dengan tema Sinergitas Polda Kalbar Bersama Media Guna Mengelola Informasi yang Aktual, Faktual, dan Terpercaya dalam Rangka Terwujudnya Kamtibmas serta Suksesnya Pemilukada 2024 yang Aman dan Damai.

 Kapolda menekankan bahwa tugas pokok kepolisian yang tercantum dalam Undang-Undang Kepolisian yaitu memelihara keamanan, melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat, serta menegakkan hukum, sangat terkait dengan peran media.

“Media memiliki fungsi penting dalam menyampaikan informasi yang benar kepada publik mengenai apa yang telah dilakukan oleh kepolisian,” ujar Kapolda.

Sinergi antara kepolisian dan media sebenarnya sudah berjalan secara otomatis, mengingat kedua pihak memiliki tanggung jawab yang saling mendukung. 

Kapolda juga menekankan peran penting media dalam menjaga stabilitas Kamtibmas, khususnya dalam menghadapi dinamika sosial-politik yang akan terjadi menjelang Pemilukada 2024. 

Menurutnya, media berperan sebagai jembatan antara pemerintah, khususnya kepolisian, dan masyarakat, sehingga segala bentuk informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh publik.

Media memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan informasi yang faktual dan dapat dipercaya.

Dengan begitu, kita dapat menciptakan ‘gelombang kebenaran’ yang lebih kuat dari disinformasi yang dapat merusak kepercayaan publik.

Kapolda menambahkan bahwa sinergi ini sangat diperlukan dalam mengelola keamanan Pemilukada 2024 yang aman dan damai, mengingat dinamika politik yang dapat meningkat.
 Kapolda menekankan pentingnya peran media dalam membangun opini publik yang positif dalam pelaksanaan Pilkada 2024 dimana saat ini memasukin tahapan Kampanye bagi para Calon pemimpin daerah, dan Di era digital, ini kita dihadapkan dengan 
Fenomena viral force, yakni fenomena
Kecepatan penyebaran sebuah informasi 
Melalui platform digital yang telah 
Membawa dampak luar biasa, baik secara
Positif maupun negatif. 

"Informasi yang menyebar secara cepat 
Dapat membentuk persepsi publik dalam 
Waktu singkat dan menciptakan reaksi sosial Yang signifikan.
Di sinilah pentingnya kita semua, 
Terutama rekan-rekan media, untuk 
Menyadari bahwa setiap informasi yang
Disebarkan memiliki kekuatan besar dalam 
Memengaruhi opini publik," ujar Kapolda

Tambah Kapolda dalam arahanya menyampaikan, untuk menghadapi 
Tantangan ini, diperlukan sesuatu hal yang 
Saya sebut “waves of truth atau 
Gelombang kebenaran”. Di tengah arus 
Informasi yang begitu deras, waves of 
Truth ini adalah upaya kolektif untuk 
Memastikan bahwa kebenaran selalu menjadi Pusat pemberitaan," tambah Kapolda.

Lebih lanjut, Kapolda juga menyampaikan sejumlah isu terkini terkait kamtibmas di wilayah Kalbar serta upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Polda Kalbar dalam mengantisipasi berbagai potensi gangguan keamanan dalam situasi Pilkada 2024 ini.

"Media memiliki peran yang sangat strategis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Oleh karena itu, sinergitas antara Polri dan media dalam Pilkada ini sangatlah penting untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif dalam pelaksanaan Pilkada 2024 hingga akhir nanti," tegas Kapolda.

Tak hanya itu Kegiatan Silahturahmi Kamtibmas ini diisi dengan diskusi interaktif antara Kapolda Kalbar dan para awak media. Dalam kesempatan ini, para wartawan menyampaikan berbagai pertanyaan terkait isu-isu aktual yang tengah menjadi perhatian publik.

Sementara Kabidhumas Polda Kalbar, Kombespol Raden Petit Wijaya,S.I.K.,M.M kepada awak media menyampaikan bahwa Kegiatan ini bertujuan memperkuat sinergitas antara Polri dan media massa dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta menyukseskan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang aman dan damai.

"Melalui kegiatan ini, sinergitas antara Polri dan media dapat semakin terjalin dengan baik. Sehingga, informasi yang disampaikan kepada masyarakat dapat lebih akurat, objektif, dan membangun, Sehingga dalam rangka Pilkada 2024 ini saling bekerjasama untuk menciptakan suasana kondusif melalui pemberitaan media cetak dan media online," ujar Kabidhumas.

Polda Kalbar bersama Awak media berkomitmen untuk turut mensukseskan Pilkada Serentak 2024 dengan aman dan kondusif.(lyn)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad