JAKARTA, KP – Sebanyak 4.590 mahasiswa dari 29 perguruan tinggi di berbagai provinsi Indonesia berinteraksi secara aktif dan seru dalam kegiatan seminar keselamatan berkendara dengan tema “Slow Down, Life Up” sepanjang bulan September 2024. Kegiatan yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) bersama jaringan main dealer di seluruh Tanah Air ini mengajak ribuan anak muda untuk bersama-sama mewujudkan budaya keamanan, kenyamanan dan keselamatan berkendara di jalan raya.
Dalam
seminar dan diskusi ini, para mahasiswa menambah wawasan sekaligus
saling berbagi rahasia cara unik mereka untuk meningkatkan keselamatan
saat mengendarai sepeda motor di jalan raya, terutama dalam mengatur
kecepatan.
Berdasarkan
riset internal AHM, saat ini kecepatan tinggi menjadi penyebab
kecelakaan lalu lintas tertinggi di kalangan anak muda. Sehingga,
diskusi ini mengajak ribuan mahasiswa untuk lebih peka dalam berkendara
dengan memiliki pemahaman bahwa semakin tinggi kecepatan maka berbanding
lurus dengan tingginya resiko kecelakaan di jalan. Selain itu,
penyusunan rencana perjalanan juga menjadi salah satu hal penting yang
perlu dilakukan guna meminimalisir resiko perjalanan karena terburu-buru
saat menuju tempat tujuan. Pemahaman rambu-rambu lalu lintas juga
berdampak dalam pengaturan kecepatan sesuai dengan kondisi jalan, serta
pentingnya pengendara sepeda motor untuk tetap mengutamakan keselamatan
dalam setiap pengambilan keputusan saat berkendara.
Diskusi
interaktif para mahasiswa dari berbagai pulau ini semakin spesial
dengan hadirnya instruktur safety riding Honda yang berbagi ilmu
keselamatan berkendara, termasuk pentingnya berkendara dengan
kelengkapan surat-surat berkendara. Dalam sesi ini, peserta juga
mendapat wawasan lebih luas dari perwakilan Kepolisian Republik
Indonesia di setiap wilayah.
Pembelajaran
bukan hanya seputar kondisi berkendara di jalan raya, namun AHM dan
jaringannya juga bekerjasama dengan Jasa Raharja dalam memberikan
pemaparan edukasi asuransi kecelakaan bagi pengguna sepeda motor. Untuk
menambah sisi interaksi dan seru khas anak muda, para intruktur AHM juga
memberikan edukasi melalui simulasi berkendara yang dilakukan di
sekitar area kampus.
General
Manager Marketing Planning and Analysis AHM Andy Wijaya menyampaikan
kepekaan terhadap keselamatan berkendara di jalan raya bagi anak muda
sangat penting untuk terus diasah, sehingga generasi penerus bangsa ini
tidak hanya memiliki kepedulian namun juga dapat menjadi bagian dari
budaya berkendara yang aman dan menyenangkan di jalan.
“Kegiatan
edukasi keselamatan berkendara bersama ribuan mahasiswa yang interaktif
dan saling berbagi rahasia keselamatan berkendara khas anak muda
diharapkan dapat mendukung gaya hidup berkendara mereka yang nyaman,
aman dan selamat di jalan raya,” ujar Andy.
Gelaran
edukasi keselamatan berkendara ini juga dimeriahkan dengan
program-program kuis menarik berhadiah jutaan rupiah bagi peserta
pelatihan. Hadir di setiap provinsi di Indonesia, program edukasi
keselamatan berkendara di kampus ini dimulai dari sisi barat Indonesia,
yakni Universitas Teuku Umar, Meulaboh, Aceh hingga bagian Timur
Indonesia yakni Universitas Cendrawasih Jayapura, Papua.
Sepanjang
tahun 2024 hingga bulan September ini, AHM bersama jaringan sepeda
motor Honda telah berhasil mengedukasi sebanyak 97.670 orang melalui
berbagai kegiatan seperti bekerjasama dengan institusi pendidikan hingga
edukasi bagi para pekerja di berbagai daerah. (*/Red)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar