PONTIANAK, KP - Indosat Ooredoo Hutchison saat ini sangat serius untuk melakukan transformasi besar-besaran dari perusahaan telekomunikasi menjadi perusahaan teknologi berbasis AI.
Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sendiri adalah simulasi kecerdasan manusia yang diterapkan ke dalam sistem komputer atau perangkat mesin lain, sehingga perangkat tersebut punya cara berpikir seperti manusia dan bisa bekerja seperti manusia.
Semakin masifnya perkembangan AI ini sendiri mau tak mau membuat Indosat Ooredoo Hutchisona menerapkan AI disegala lini perusahaan dan ada beberapa hal yang dilakukan Indosat seperti :
1. Otomatisasi Jaringan, Indosat menggunakan AI untuk memprediksi dan memperbaiki masalah jaringan sebelum berdampak pada pelanggan. Ini meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pengguna
2. Layanan Digital, Melalui kolaborasi dengan perusahaan teknologi seperti Nvidia, Huawei, dan Microsoft, Indosat mengembangkan platform AI untuk layanan digital baru, seperti analitik data untuk bisnis, personalisasi layanan, dan teknologi smart city.
3. Digital Intelligence Operations Center (DIOC), Pusat ini menggabungkan keandalan fungsi Network Operations Center (NOC) dan Service Operations Center (SOC) untuk manajemen layanan proaktif dan pengoptimalan kinerja jaringan.
Vikram Sinha, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan digital Intelligence Operation Center menandai babak baru dalam mewujudkan ambisi kami untuk menjadi perushaan telekomunikasi berbasis AI.
"Integrasi teknologi canggih dan pengembangan talenta, menjadi kombinasi dalam menetapkan standar baru dalam kinerja jaringan dan kepuasan pelanggan. Kolaborasi ini menjadi kunci untuk mewujudkan misi kami dalam menghubungkan dan memberdayakan setiap masyarakat Indonesia melalui konektivitas digital."
4. Penggunaan Copilot for Microsoft 365, Indosat menggunakan asisten kecerdasan buatan ini untuk menyederhanakan pekerjaan seperti mengatur jadwal pertemuan, merangkum notulen rapat, dan menyiapkan e-mail.
5. Transformasi Back Office, AI digunakan untuk modernisasi layanan pelanggan, pembuatan konten dinamis, analitik geospasial, dan pemodelan prediktif.
Otomatisasi Jaringan Indosat berbasis AI
Indosat menggunakan otomatisasi berbasis AI untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan jaringan mereka, Berikut beberapa poin utama tentang otomatisasi jaringan yang dilakukan oleh Indosat:
1. Prediksi dan Pemantauan Masalah, AI digunakan untuk memprediksi dan memantau masalah jaringan sebelum mereka berdampak pada pelanggan. Ini memungkinkan Indosat untuk melakukan perbaikan proaktif dan mengurangi downtime.
2. Manajemen Layanan Proaktif, Dengan Digital Intelligence Operations Center (DIOC), Indosat dapat memberikan manajemen layanan end-to-end yang lebih baik, termasuk kinerja aplikasi dan kualitas layanan.
3. Integrasi Teknologi Canggih, Indosat bekerja sama dengan perusahaan teknologi seperti Huawei untuk mengembangkan infrastruktur jaringan yang lebih cerdas dan otomatis.
4. Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik, Otomatisasi ini membantu meningkatkan pengalaman pengguna dengan memastikan koneksi yang stabil dan cepat.
Otomatisasi Jaringan Indosat berbasis AI ini menjadi cerminan komitmen Indosat untuk terus berinovasi dan menciptakan solusi yang mengikuti trend teknologi terbaru sehingga mampu memberikan keuntungan serta manfaat bagi konsumen setia.(Rif)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar