Post Top Ad

Kombis

Nasional

Post Top Ad

OtomotifYamaha

Yamaha Hadirkan Varian Terbaru Lexi LX 155 Dengan Mesin yang Lebih Responsif

JAKARTA, KP - Yamaha kembali menghadirkan varian terbaru Lexi LX 155 dengan peningkatan signifikan pada sektor mesin.
 


Kali ini, Yamaha tidak hanya meningkatkan kapasitas mesinnya menjadi 155 cc, tetapi juga melakukan optimalisasi kinerja melalui pengurangan gesekan antar komponen.

Inovasi ini menghasilkan performa lebih responsif dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Yamaha menguji langsung skuter matik terbaru ini menggunakan perangkat Racebox berbasis GPS yang mampu menyediakan data akurat.

Sebelum memaparkan hasil uji akselerasi, mari simak lebih detail mengenai inovasi mesin yang dibawa oleh Yamaha Lexi LX 155 ini.

Penyempurnaan Mesin Yamaha Lexi LX 155

Skuter matik ini dibekali dengan mesin baru yang telah dioptimalkan, khususnya dalam hal pengurangan gaya gesek antar komponen mesin.

Hal ini tidak hanya mengurangi beban kerja mesin, tetapi juga meningkatkan efisiensi bahan bakar dan responsivitas akselerasi. Berikut adalah beberapa peningkatan penting yang diberikan pada mesin Yamaha Lexi LX 155:

Rotor Magnet Lebih Ringan Yamaha Lexi LX 155 kini menggunakan rotor magnet yang lebih ringan dibandingkan model sebelumnya, yakni Lexi 125.

Bobot rotor pada Lexi LX 155 mencapai 1.130 gram dengan ketebalan 43,75 mm, lebih ringan dari rotor Lexi 125 yang memiliki bobot 1.250 gram dan ketebalan 44,2 mm.

Pengurangan bobot ini memberikan dampak langsung pada putaran kruk as yang lebih ringan, sehingga mengurangi beban pada bearing dan meningkatkan efisiensi mesin.

Desain Kruk As Lebih Kompak Untuk mengakomodasi rotor magnet yang lebih ramping, Yamaha juga merancang kruk as dengan desain yang lebih kompak. Pada Lexi LX 155, panjang kruk as hanya 277,8 mm, lebih pendek dari kruk as Lexi 125 yang memiliki panjang 283,8 mm.

Desain yang lebih ringkas ini memberikan kontribusi positif terhadap kinerja mesin yang lebih optimal.

Teknologi Mirror Bore Cylinder Meskipun diameter piston Yamaha Lexi LX 155 tetap sama dengan Aerox 155 dan NMax, yaitu 58 mm, skuter ini dilengkapi dengan dinding silinder baru yang diproses dengan teknologi mirror bore cylinder.

Permukaan dinding silinder yang sangat halus, mirip kaca, meminimalkan gesekan antara piston dan silinder, sehingga meningkatkan efisiensi kinerja mesin.

Komponen Pendukung Lainnya Selain pembaruan pada tiga komponen utama tersebut, Yamaha Lexi LX 155 juga dilengkapi dengan komponen pendukung seperti tensioner hidrolik, sistem CVT yang mirip dengan Aerox 155, rasio final gear baru, serta spesifikasi baru pada noken as dan per klep.

Semua komponen ini dirancang untuk bekerja secara sinergis guna menghadirkan performa mesin yang maksimal.

Uji Akselerasi Yamaha Lexi LX 155

Pengujian akselerasi Yamaha Lexi LX 155 dilakukan dengan pengendara yang sama guna mendapatkan data yang konsisten. Berikut hasil pengujiannya:

  • 0-60 km/jam: 5,17 detik
  • 0-80 km/jam: 9,89 detik
  • 0-100 km/jam: 18,75 detik
  • 0-100 meter: 7,69 detik dengan kecepatan 72,5 km/jam
  • 0-201 meter: 12,24 detik dengan kecepatan 86 km/jam
  • 0-402 meter: 19,89 detik dengan kecepatan 101,4 km/jam
  • Kecepatan maksimum (spidometer): 122 km/jam
  • Kecepatan maksimum (Racebox): 118 km/jam

Berdasarkan hasil uji tersebut, Yamaha Lexi LX 155 terbukti memiliki akselerasi yang responsif. Mesin yang lebih ringan dan minim gesekan membuat skutik ini mampu berakselerasi dengan cepat dan mencapai kecepatan tertinggi yang cukup impresif.

Dengan pembaruan yang ditawarkan, Yamaha Lexi LX 155 tampil sebagai pilihan skutik yang andal, baik untuk mobilitas harian maupun perjalanan jarak jauh.

Desain modern, performa yang bertenaga, serta efisiensi bahan bakar yang lebih baik membuatnya layak menjadi favorit di kelas skuter matik premium. Yamaha Lexi LX 155 siap menjadi pendamping ideal di jalan raya.(*/Red)

Baca Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad