Post Top Ad

Kombis

Olahraga

Post Top Ad

Bank KalbarKalbarPontianak

Bank Kalbar Raih Kinerja Istimewa di Sepanjang Tahun 2024

PONTIANAK, KP – Menutup tahun 2024, Bank Kalbar kembali menunjukkan eksistensinya sebagai lembaga keuangan terpercaya yang mampu bertahan di tengah ketidakpastian global dan dinamika ekonomi domestik. Melalui inovasi strategis dan pengelolaan risiko yang matang, Bank Kalbar berhasil mencatatkan pertumbuhan kinerja yang signifikan, mengukuhkan posisinya sebagai bank kebanggaan masyarakat Kalimantan Barat. 
 

Direktur Utama Bank Kalbar, Rokidi, dalam konferensi Pers kinerja keuangan atau Public Expose Tahun 2024, di Aula Bank Kalbar Rabu, (1/1/2025) mengungkapkan bahwa pencapaian ini merupakan buah dari inovasi layanan berbasis digital dan pengelolaan yang berorientasi pada keberlanjutan. “Kami senantiasa berupaya memberikan layanan perbankan terbaik kepada masyarakat Kalimantan Barat melalui pengembangan layanan berbasis digital. Inovasi ini menjadi pondasi penting dalam menjaga kepercayaan dan mendukung aktivitas ekonomi daerah,” ujar Rokidi.

Hingga Catur Wulan III 2024 (unaudited), Bank Kalbar mencatat sejumlah pencapaian mengesankan:
  • Total aset tumbuh sebesar 6,43% (YoY) menjadi Rp26,62 Triliun.
  • Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat 7,26% (YoY) menjadi Rp20,35 Triliun.
  • Kredit dan pembiayaan tumbuh 8,22% (YoY) hingga mencapai Rp16,86 Triliun.
  • Laba sebelum pajak konsolidasi tercatat sebesar Rp644,79 Miliar, dengan laba setelah pajak mencapai Rp493,14 Miliar.
Selain itu, sejumlah rasio keuangan menunjukkan performa optimal:
  • Loan to Deposit Ratio (LDR): 82,85%.
  • Return on Equity (ROE): 12,50%.
  • Return on Assets (ROA): 2,71%.
  • Net Interest Margin (NIM): 6,45%.
  • Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BO/PO): 68,98%.
  • Non-Performing Loan (NPL) Gross: terjaga pada level 1,84%.
  • Rasio Kecukupan Modal (CAR): 38%.

Rokidi menegaskan bahwa Bank Kalbar akan terus mengedepankan inovasi, digitalisasi, dan kualitas layanan untuk menghadapi tantangan ekonomi ke depan. “Kami berkomitmen untuk memperkuat posisi sebagai bank pilihan utama masyarakat, dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian sebagai modal penting dalam memperkuat posisi kami di masa depan,” tambahnya.

Sebagai bagian dari visi “Menjadi Bank Pilihan Utama Masyarakat yang Berkinerja dan Berdaya Saing Tinggi serta Terdepan dalam Layanan,” Bank Kalbar terus berupaya menciptakan solusi keuangan yang inovatif dan berorientasi pada kebutuhan nasabah.

Rokidi juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan, termasuk nasabah setia, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, para pemegang saham, legislatif, serta karyawan Bank Kalbar. “Dukungan mereka adalah kunci dari keberhasilan kami. Bank Kalbar akan terus berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat Kalimantan Barat,” tutupnya.

Dengan berbagai pencapaian di tahun 2024, Bank Kalbar tidak hanya membuktikan daya tahannya di tengah tantangan ekonomi, tetapi juga menunjukkan komitmen terhadap pertumbuhan yang inovatif, berkelanjutan, dan berpihak pada kebutuhan masyarakat.(*/Red)

Baca Juga

Post Top Ad